Mengapa Biaya Hidup di Jogja Lebih Murah? Ini Alasannya

Admin Maret 31, 2018
Yogyakarta tidak jarang disebut sebagai kota pelajar sebab banyaknya sekolah atau universitas yang tersebar di segala penjuru Yogyakarta. Jumlah kampus di Yogyakarta tidaklah sedikit. Konon, jumlah kampus di Yogyakarta sudah lebih dari 130 institusi, perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Mengapa Biaya Hidup di Jogja Lebih Murah? Ini Alasannya


Banyak perantau dari banyak daerah yang menjadi mahasiswa dari sekian banyak kampus tersebut. Pada tahun 2015, data mengindikasikan bahwa Yogyakarta memiliki lebih dari seratus ribu mahasiswa baru pada masing-masing tahunnya.

Merantau ke Jogja dapat dikatakan asyik, di samping anda dapat menimba ilmu, belajar untuk mandiri, hingga dapat belajar untuk mengatur seluruh pekerjaan sendiri; anda juga dapat mendatangi tempat-tempat wisata yang indah.

Akan tetapi, sebagai anak rantau, tentunya dana bulanan pun bakal dijatah dan anda harus mengaturnya supaya tetap dapat hidup dengan aman dan nyaman. Banyak orang yang mengatakan, ongkos kuliah di Jogja tidak mahal, yang mahal ialah biaya hidupnya.

Bila anda mempunyai rencana untuk menjadi mahasiswa baru di Yogyakarta, anda perlu tahu dulu estimasi ongkos hidup di sana. Mari simak sejumlah hal berikut ini.

1. Kos

Tempat bermukim menjadi urusan utama yang ditelusuri mahasiswa rantau yang tidak mempunyai saudara di suatu kota. Di Yogyakarta, ongkos untuk kos mulai dari Rp 300.000 per bulan. Pada umumnya, pemilik kos hanya sekedar menyediakan ruang kamar saja.

Fasilitas seperti kamar mandi di luar kamar atau kamar mandi di dalam kamar. Di samping itu, barangkali saja anda harus membawa barang-barang sendiri, contohnya tempat tidur atau kasur, lemari, atau meja dan kursi.

Jika anggaran anda tidak banyak, anda bisa mendapatkan kos dengan harga sewa sebesar Rp 600.000-Rp 750.000 per bulan. Fasilitas yang didapatkan akan lumayan, seperti: kamar mandi pribadi, WiFi gratis, serta tempat tidur yang nyaman.

Jika anda menginginkan kamar yang memiliki fasilitas Air Conditioner ( AC ), pasti harganya bakal lebih mahal. Biasanya mulai dari Rp 1.000.000 per bulan. Ingat, anda harus selalu bertanya tentang ongkos listrik, gas, dan biaya lain yang wajib anda bayarkan masing-masing bulan.

Bukan hanya biaya kost saja yang murah bagi para calon mahasiswa perantau, biaya kontrakan Jogja pun termasuk murah.

2. Makan

Biaya untuk bersantap di Yogyakarta tergolong murah bila dibandingkan dengan kota besar lainnya.Jika anda ingin makan ayam atau ikan sebagai lauk, anda dapat mendapatkannya hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 10.000 untuk sekali makan.

Sedangkan jika anda ingin makan hanya dengan telur dadar saja atau dengan tempe goreng, Rp 6.000 telah cukup untuk menu makan tersebut. Lebih murah lagi bila anda makan di angkringan, harga nasi kucingnya mulai dari Rp 2.000 per porsi dengan opsi menu yang sederhana dan dengan harga murah tentunya.

Di kota ini, anda bisa mendapatkan teh manis dengan harga Rp 2.000 dan untuk air putih seharga Rp 500 saja. Harga-harga itu tentunya berlaku di warung atau rumah makan sederhana.

3. Laundry

Kalau anda tipe orang malas untuk membersihkan pakaian sendiri, anda dapat menggunakan jasa laundry kiloan dengan harga Rp 3.000,00 sampai Rp 4.000,00 per kilo. Tempat laundry ini sangat tidak sedikit ditemukan di Yogyakarta, apalagi di lokasi yang dekat dengan area kos.

Tapi, bila di kos anda sudah terdapat fasilitas atau tempat untuk mencuci dan menjemur pakaian, lebih dianjurkan untuk mencuci baju sendiri saja. Lumayan, kan, bisa menghemat biaya.

4. Transportasi

Tidak perlu cemas jika anda akan berkuliah di Jogja tapi tanpa membawa kendaraan pribadi. Di Jogja tidak sedikit sarana transportasi umum yang dapat mempermudah anda untuk bepergian, contohnya TransJogja.

Sudah tidak sedikit sekali halte TransJogja di penjuru Yogyakarta, dengan ongkos Rp 3.500 saja, anda sudah dapat menjangkau tempat-tempat yang terdapat di distrik kota Yogyakarta. Tapi, bila anda akan menggunakan TransJogja harus bersabar untuk menunggu busnya datang ke halteu.

Di samping TransJogja, ada pula andong, becak, ojek, dan taksi yang biayanya cocok dengan jarak yang anda tempuh.

5. Print dan fotokopi

Anda sebagai mahasiswa, tentunya akan diberikan tidak sedikit tugas yang mengharuskan anda untuk mem-print atau memfotokopi. Biaya fotokopi dan print hitam putih adalah Rp 135. Sementara untuk yang berwarna adalah Rp 500-2.000 saja.

6. Tempat wisata

Yogyakarta memang familiar, mempunyai tidak sedikit tempat wisata. Mulai dari wisata alam meliputi bukit, gua, dan pantai. Ada pula wisata kebudayaan seperti keraton dan museum.

Jika hendak mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut, tidak boleh takut dengan biaya yang akan anda keluarkan. Anda dapat masuk ke tempat-tempat wisata tersebut dengan harga yang termasuk murah, yakni berkisar antara Rp 5.000-Rp 15.000 per orang.

7. Hotel

Suatu waktu pasti akan ada orang tua atau sanak saudara yang akan datang untuk menjenguk ke Yogyakarta. Sementara lokasi kos anda tidak memungkinkan untuk menampung mereka. Ada juga kos atau hotel khusus yang menyewakan kamarnya secara harian menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat mendapatkan kamar hotel di Yogyakarta mulai dari Rp 80.000-150.000 per malam.

Artikel Terkait

Latest
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda