Salah Jurusan Kuliah itu Biasa, bisa Lulus baru Luar Biasa

Admin Januari 19, 2018
Salah jurusan merupakan gejala yang sudah tidak asing lagi di dalam dunia perkuliahan. Cara penyikapan mereka terhadap masalah salah jurusan juga berbeda-beda. Ada yang jadi bermalas-malasan dalam kegiatan perkuliahan, ada juga yang tetap maju terus pantang mundur untuk menuntaskan kuliah supaya segera mungkin bebas dari beban sebagai mahasiswa yang salah jurusan.


Satu salah satu efek negatif yang dimunculkan dari salah jurusan ialah minimnya motivasi dan rasa percaya diri untuk membina mental berprestasi di bidang studi yang sedang dijalani. Itu akan berpengaruh juga di fase penuntasan kuliah.

Agar anda tetap memiliki motivasi dan optimis untuk menuntaskan studi di jurusan yang tidak cocok, simak 5 tips berikut ini:

1. Kenali potensi diri anda di luar batas jurusan yang sedang anda tempuh

Setiap orang punya keistimewaan berupa kepintaran dan potensi yang membuatnya cemerlang. Gali hal-hal yang menunjukkan kelebihan anda dalam banyak hal. Bisa saja hal tersebut tidak cocok dengan jurusan yang anda pilih. Tidak jadi masalah. Sebab, anda akan tetap dapat mengembangkan diri tanpa mesti bersinggungan dengan sesuatu yang cenderung kepada jurusan anda. Anda akan tidak sabar untuk segera menyelesaikan skripsi.

2. Ikuti tes bakat

Jika anda kesulitan mencari hal-hal dalam diri anda secara biasa, tes bakat dapat menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Kamu dapat mengunjungi ahli psikolog, untuk menyelesaikan tes di web yang tersebar di internet atau dengan mendownload aplikasinya saja.

Tes bakat akan mengindikasikan analisa potensi yang berpengaruh dalam diri anda. Dengan begitu, anda dapat mengetahui bagaimana kompetensi diri anda lebih awal. Ini sangat bermanfaat dalam memlih kegiatan lain nantinya.

3. Bergabung dengan komunitas

Mengembangkan diri seorang diri itu tidak mudah. Karena tidak ada rekan yang dapat dijadikan sebagai wadah diskusi. Itu sebabnya,anda perlu bergabung dengan komunitas yang cocok dengan kegemaran atau prioritas anda.

4. Berpartisipati dalam banyak kompetisi

Kompetisi dapat mengukur sejauh mana kemampuanmu ketika di lapangan. Semakin banyak kompetisi yang anda ikuti, semakin banyak pula pengalaman yang akan anda dapatkan. Kelebihannya, anda dapat menikmati hadiah dari hasil keringat anda sendiri dan kelebihan yang anda miliki.

5. Mempersiapkan karir cocok dengan potensi dalam dirimu

Meski anda sedang dalam masa perkuliahan, anda tidak boleh melupakan persiapan karir demi masa mendatang yang lebih baik. Meski salah jurusan, anda dapat lebih berkembang dengan memilih kegiatan yang cocok dengan keterampilan dalam dirimu.

Persiapan yang matang akan membuat anda bergerak dan mengerjakan sesuatu yang cocok dengan koridor perencanaan hidupmu. Tanpa menguras waktu dengan urusan yang sia-sia.

Dalam dunia pekerjaan, orang dengan jurusan yang cocok atau IPK yang tinggi dapat ‘dikalahkan’ oleh orang yang memiliki cukup banyak pengalaman dan koneksi yang luas. Manfaatkan masa sebelum atau setelah anda lulus kuliah untuk menggali pengalaman sebanyak-banyaknya.

Anda dapat melakukannya dengan cara magang, bergabung dan aktif dalam organisasi, atau mengikuti program volunteer. Dengan memasukkan rumus kerja dan berorganisasi dalam CV, hal ini mengindikasikan bahwa anda ialah orang yang termotivasi, mempunyai passion, dan dapat bekerja dengan tim.

Di samping pengalaman, networking juga adalah hal yang penting. Percuma saja jika anda memiliki keterampilan yang luar biasa namun tidak banyak orang yang mengetahuinya. Dengan memiliki koneksi yang luas, tentunya hal ini akan mempermudah anda dalam meniti karier di bidang yang baru.

Itulah 5 tips yang dapat anda lakukan supaya tetap konsentrasi dalam menyelesaikan studi di perkuliahan walaupun salah jurusan. Langkah-langkah di atas akan membuat anda lebih terarah dan termotivasi merencanakan kesuksesan dengan lebih metang.

Memang tidak mudah jadi mahasiswa salah jurusan. Tapi, bukan berarti anda harus putus asa. Pintu karir anda masih lebar terbuka!

Yang pasti, salah jurusan bukan persoalan yang akan membuat anda menjadi malas-malasan. Yang terasa "salah" hanya jurusan anda saja.

Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda