4 Syarat Kontrakan yang Mendukung untuk Belajar bagi Mahasiswa

Admin Maret 21, 2018
Mahasiswa yang sedang berkuliah di perguruan tinggi, atau akademi biasanya tidak sedikit yang jauh dari kontrakannya, atau rumahnya. Kebanyakan mahasiswa yang berkuliah ialah mahasiswa yang berasal dari banyak daerah, provinsi bahkan lintas mancanegara. mungkin itulah penyebab kenapa dinamakan universitas sebab ke-universalannya.

4 Syarat Kontrakan yang Mendukung untuk Belajar bagi Mahasiswa

Tips untuk memilih kost, pondokan, atau kontrakan bakal sangat bermanfaat untuk mahasiswa baru. Pasalnya, untuk seorang mahasiswa baru keadaan, kondisi dan lingkungan lokasi kuliah tentu akan sangat bertolak belakang dengan masa putih abu-abu. namanya juga mahasiswa baru.

Umumnya, para mahasiswa baru lebih memilih untuk menetap di pondokan atau kontrakan atau kost, hal ini di sebabkan posisi rumah yang jauh dari kampus atau pun juga karena mahasiswa tersebut berasal dari daerah lain, provinsi atau tetap masih dalam satu wilayah tersebut namun jarak tempat tinggal ke kampus agak jauh.

Alasan yang terakhir ini seringkali untuk menghemat biaya kuliah,  mahal bila harus sering pulang-pergi dari rumah ke kampus. Jadi, menetap alias kost-kostan di sekitar kampus menjadi pilihan pilihan yang baik.

Namun, sebelum kita memilih untuk tinggal di kost, pondokan atau kontrakan baiknya anda simak dulu tips, atau saran ini:

1. Pilih lokasi kost yang dekat dengan lokasi anda kuliah, bekerja.
Dengan lokasi kost yang dekat akan lebih mempermudah anda untuk beradaptasi dengan lingkungan baru anda. Selain itu lebih memudahkan anda di hari–hari pertama masuk kerja atau kuliah. Hal ini bisa menghemat waktu, uang dan energi anda sebab jarak tempuh yang lebih dekat dan mudah.

2. Lingkungan
Carilah lokasi kos yang lingkungannya mendukung dan kondusif untuk belajar. Kecuali anda suka dengan lingkungan yang ramai dan bising. Pilihlah lingkungan yang cocok dengan keinginan anda. Jangan sampai memilih lokasi kos yang membuat anda tidak nyaman dengan lingkungannya. Perihal keamanan juga perlu anda lihat, bagaimana keamanan wilayah sekitar lokasi kos. Karena ketika anda kuliah, di lokasi kost pasti sepi. Dan lokasi yang sepi ialah sasaran lunak untuk maling.

3. Biaya
Untuk soal ini kembali kepada isi kantong masing-masing. Memang, semakin tinggi harga, semakin bagus pula fasilitasnya. Tapi, bila soal kenyamanan, ini anda yang merasakan sendiri. Tentu saja ada harga kos yang mahal, namun kesannya dingin dan tidak bersahabat? Pilih yang cocok dengan keinginan anda. Lalu pahami sistem pembayaran kos. Ada kos yang bayarannya perbulan, namun ada pun yang bayarannya tiap semester.

4. Tempat
Sebaiknya memilih kost di lokasi yang dekat dengan banyak tempat makan. Karena kalo hanya sedikit tempat makan di dekat kost anda, seringkali harganya mahal. Banyak tempat makan pun belum tentu harganya murah dan pilihan menu tidak banyak. Selain tempat makan, carilah tempat kost yang berada di dekat warnet, fotocopy, laundry dan lain-lain yang menunjang segala keperluan anda.

Pemilihan lokasi kost yang dekat dengan warung makan akan mempermudah anda untuk memenuhi keperluan makan saat anda dalam suasana sibuk atau tergesa – gesa, atau saat tengah malam. Ini hanya berlangsung selama minggu pertama semenjak anda pindah ke kost. Setelah lebih dari satu bulan anda bakal hafal dengan sendirinya warung mana yang cocok dengan selera anda

Ini adalah syarat lainnya, tapi tidak kalah mendukung anda dalam belajar, jangan sampai diremehkan:

  • Pilih tempat tempat kost yang tidak kumuh dan kotor.
  • Periksalah suasana kebersihan lorong kos, kamar mandi, kamar-kamar yang ditawarkan dan ruang-ruang yang nantinya akan anda gunakan.
  • Satu kost bersama teman-teman, sebagian mahasiswa sangat memikirkan perihal privasi, makanya tidak sedikit mahasiswa yang lebih memilih untuk kost sendiri, namun usahakanlah dan pertimbangkan kost bersama teman sekampus untuk menghemat pengeluaran sewa kost bulanan.
  • Pastikan kamar kost, tempat tinggal atau kontrakan lumayan terkena sinar matahari dan pastinya aliran atau sirkulasi udaranya baik. Utamakan yang ada jendelanya, ini dapat menghemat ongkos untuk membayar listrik untuk perlengkapan, seperti kipas angin atau AC nantinya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda